Selasa, 03 September 2013

RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                  :    SMP Negeri 1 Arjawinangun
Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema                                    Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
Subtema                            :    Praktik cara membersihkan hadats kecil dan besar
Kelas                                  :    VII
Semester                           :    Ganjil

K    Kompetensi Inti     

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 Kompetensi Dasar

3.8  Memahami ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
4.6   Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.
     
Indikator Pencapaian Kompetensi

1.    Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil;
2.    Mempraktikan tata cara bersuci dari hadas kecil

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan mampu:
1.    Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar;
2.    Mempraktikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar

Materi Pembelajaran

  1. Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
  2. Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
MetodePembelajaran

Metode pendekatan Sainstifik
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    TanyaJawab

Media Pembelajaran
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

Sumber Belajar
1.    Buku Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMP kelas 7 kurikulum 2013
2.    Gambar/ video/ multimedia interaktif

Langkah-langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
  1. Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran
  2. Guru menyampaikan topic bersuci dari hadas ( wudhu dan Tayamum), menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi belajar siswa

10  menit



2.
Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mendiskusikan tata cara  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.





Asosiasi
·   Membuat analisis tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Merumuskan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
Komunikasi
·   Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·   Merumuskan kesimpulan.












70  menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

Penilaian Hasil Pembelajaran

Tugas
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap  perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan yang memperhatikan kesucian baik hadas maupun najis di lingkungan tempat tinggalnya.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·      Membuat paparan bagan alur tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·      Membuat paparan  manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar dalam kehidupan sehari-hari.






Tes
·      Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·      Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja tentang  Wudhu dan Tayamum



Arjawinangun, 15 Juli  2013

Mengetahui
Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran PAI








  S A Y I D I, S.Ag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar