KI DAN KD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SMP NEGERI 1 ARJAWINANGUN
SMP NEGERI 1 ARJAWINANGUN
KELAS:
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Membaca al-Qur’an
dengan tartil.
1.2
Beriman kepada
Allah SWT
1.3
Beriman kepada
malaikat Allah SWT
1.4
Melaksanakan
bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
1.5
Melaksanakan
shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6
Melaksanakan
shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
1.7
Melaksanakan
shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari
pemahaman ketaatan beribadah
|
2.1
Memiliki
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat
Allah (Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan QSAl- Mujadilah (58): 11 dan
Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2
Memiliki
perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.3
Memiliki perilaku
meneladani perjuangan Nabi Muhammad
SAW periode Mekah dan Madinah
|
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir
3.2
Memahami makna
iman kepada malaikat berdasarkan dalil
naqli
3.3
Memahami kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan
QS. Ar-Rahman (55): 33 serta Hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4
Memahami
kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran
(3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar dan pemaaf
3.5
Memahami
ketentuan bersuci dari hadats besar
3.6
Memahami ketentuan
shalat berjamaah
3.7
Memahami
ketentuan shalat Jum’at
3.8
Memahami
ketentuan shalat Jama’ Qashar
3.9
Memahami sejarah
perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.10
Mengetahui
karakter Khalifah dari Khulafaurrasyidin
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
1.1
Membaca QS. Al-
Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah
(2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan tartil
1.2
Menunjukkan hafalan QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33
QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan
lancar
1.3
Mempraktikkan
tata cara bersuci dari hadast besar dalam kehidupan sehari-hari
1.4
Mempraktikkan
shalat jama’ dan qashar
1.5
Mempraktikkan
shalat berjama’ah
1.6
Mempraktikkan
shalat Jum’at
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Membaca al-Qur’an
dengan tartil.
1.2
Meyakini Kitab
suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3
Meyakini Nabi
Muhammad saw sebagai nabi akhir zaman
1.4
Melaksanakan
shalat sunnah
1.5
Melaksanakan
sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.6
Melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7
Mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki
perilaku rendah
hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai
implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.2
Memiliki perilaku mengkonsumsi makanan dan minuman yang halaldan bergizi dalam kehidupan sehari sebagai implementasi dari pemahaman
QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
2.3
Memiliki
perilaku menghindari
minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi
dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 sertahadits terkait.
2.4
Memiliki
perilaku
semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.5
Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam
menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1
Memahami makna QS. Al Furqan
(25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl
(16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah
(5): 32 serta Hadis terkait
3.2
Memahami makna
beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3
Memahami makna
beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4
Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5
Memahami
hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6
Memahami hikmah
puasa wajib dan sunnah
3.7
Memahami hikmah
penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan
Al-Hadits
3.8
Memahami sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah
|
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membaca QS. Al Furqan
(25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl
(16):114, QS.
Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2
Menunjukkan hafalanQS. Al
Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan
QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
4.3
Mempraktekkan shalat sunnah
berjamaah dan munfarid
4.4
Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5
Merekonstruksi sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa
Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
|
KELAS
IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1.
Membaca
al-Qur’an dengan tartil
1.2.
Beriman kepada Hari Akhir
1.3.
Beriman kepada
Qadha dan Qadar
1.4.
Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5.
Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah sebagai
implementasi dari surat al-Kautsar
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1.
Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal
sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar
(39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2.
Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan
masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta
Hadits terkait.
2.3.
Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong
kaum dhuafa sebagai implementasi dari
pemahaman makna
ibadah qurban dan aqiqah
2.4.
Memiliki sikap
mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.5.
Memiliki sikap
tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha
dan Qadar
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1.
Memahami QS. Az Zumar
(39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits
terkait.
3.2.
Memahami QS. Al
Hujurat (49):13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3.
Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk
ciptaanNya.
3.4.
Memahami makna
iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam
sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5.
Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6.
Memahami hikmah qurban dan
aqiqah
3.7.
Memahami ketentuan haji dan
umroh
|
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1.
Membaca QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran
(3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai dengan kaedah
tajwid dan makhrajul huruf
4.2.
Menunjukkan hafalan QS. Az Zumar (39):53,
QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3.
Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.4.
Mempraktekkan manasik haji
4.5.
Mempraktekkan
pelaksanaan
ibadah qurban dan aqiqoh di lingkungan
sekitar rumah
4.6.
Melakukan
rekonstruksi
sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.7.
Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara
|
Kenapa tidak lengkap KI dan KDnya tuk semua materi??
BalasHapus