SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI
Satuan
pendidikan : SMP
Kelas
: VII(Tujuh)
Kompetensi
Inti* :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghargai, dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni
budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata).
KI 4: Mencoba,mengolah, dan
menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori).
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1
Menghayati Al-Quran
sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2
Beriman
kepada Allah SWT
1.3
Beriman
kepada malaikat Allah SWT
1.4
Menerapkan
ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan syariat
Islam
(Usulan staf
khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)
1.5
Menunaikan
shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6
Menunaikan
shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
1.7
Menunaikan
shalat jamak qasar ketika
bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan
beribadah
|
|||||
2.1 Menghargai perilaku
jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan
hadis terkait
2.2 Menghargai perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan
hadis terkait
2.3 Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi
dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait
2.4 Menghargai
perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134,
dan hadis terkait
2.5 Menghargai perilaku
amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait
2.6 Menghargai perilaku
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan
hadis terkait
2.7 Menghargai
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat
Allah (Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait
2.8 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad
SAW periode Mekah dan Madinah
2.9 Meneladani
sikap terpuji khulafaurrasyidin
|
|||||
3.3 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadi¡ terkait
tentang menuntut ilmu.
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33, dengan tartil
4.3.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33 dengan lancar
|
1. Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33.
1.1. Bacaan Q.S.
Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.2. Arti Q.S.
Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.3. Kandungan Q.S.
Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
2. Hukum bacaan Mad
2.1. Ketentuan hukum bacaan mad.
2.2. Praktik membaca hukum bacaan mad.
|
Mengamati
· Mencermati bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
· Menyimak dan membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.
· Menyimak penjelasan tentang
hukum bacaan mad
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang
pentingnya belajar Al-Qur’an, apa
manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan.
·
Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan mad.
Eksperimen/explore
·
Secara
berkelompok mencari dan mengumpulkan
lafadz yang mengandung hukum bacaan mad di dalam mushaf Al-Qur’an.
· Diskusi menyusun arti kata Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 menjadi terjemah secara utuh.
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Asosiasi
· Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafadz yang mengandung
bacaan mad.
· Menganalisis,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan
Mengidentifikasi
dan menganalisis lafaz yang mengandung hukum bacaan mad yang terdapat pada Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33.
· Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33.
· Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.
Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·
Menanggapi paparan kandungan Q.S.
Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·
Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel
yang memuat sikap senang belajar dan mempelajari Al Qur’an
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap
perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 di lingkungan sekolah atau tempat
tinggal.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(kandungan ayat dan hukum mad)
§ Sikap yang
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan ayat
tentang semangat menuntut ilmu serta hukum bacaan mad)
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
· Membuat
paparan tentang kandungan Q.S.
Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 dan Hadis terkait.
· Membuat
paparan anaisis dan identifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33
Tes
·
Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
· Tes lisan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
|
4 x 3 Jam Pelajaran
|
· Mushaf Al Qur’an
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
|
3.5 Memahami isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134, serta hadis terkait tentang ikhlas,
sabar dan pemaaf.
4.5.1 Membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134, dengan tartil
4.5.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134, dengan lancar
|
1. Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.1. Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.2. Arti Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.3. Kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134
2. Hukum bacaan nun sukun dan tanwin
2.1.Pengertian hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
2.2. Macam-macam hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
2.3. Praktik hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan untuk memotivasi
semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
· Menyimak dan membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134 tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
· Menyimak
penjelasan tentang hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan
tentang pentingnya belajar Al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
· Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan nun sukun
dan tanwin.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan macam-macam
hukum bacaan nun sukun dan tanwin di dalam mushaf Alquran.
· Diskusi menyusun arti perkata Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134 menjadi terjemah secara utuh.
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134.
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil
pengumpulan contoh-contoh hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
penterjemahan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134.
· Mengidentifikasi dan menganalisis hukum bacaan nun
sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
Komunikasi
· Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan nun
sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
· Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134.
· Menanggapi paparan kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134.
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan
guru.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku
yang mencerminkan isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di lingkungan tempat
tinggal kalian.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(kandungan ayat dan hukum bacaan nun sukun dan tanwin).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan ayat
tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan hukum bacaan nun sukun dan tanwin).
Portofolio
· Membuat paparan tentang kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134 dan hadi¡ terkait.
· Membuat paparan anaisis dan identifikasi
hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes lisan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3): 134.
|
4 x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Mushaf Al-Quran
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
|
3.1 Memahami makna Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4.1
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
|
1. Iman Kepada Allah Swt.
1.1. Pengertian iman kepada Allah Swt.
1.2. Dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.
2. Makna al-Asmaul
husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
2.1.
Pengertian al-Asmaul
husna
2.2. Makna
al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
2.3. Perilaku al-Asmaul husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada
Allah Swt.
· Membaca dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.
beserta artinya.
Menanya
· Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt.
· Mengajukan pertanyaan mengenai Iman kepada Allah
Swt. atau pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual.
Eksperimen/explore
· Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada Allah
Swt.
· Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata
perilaku yang al-Asmaul
husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
· Mendiskusikan makna al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
Asosiasi
· Menganalisis iman kepada Allah Swt.
· Menganalisis nama-nama Allah didalam al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan bacaan dalil naqli beserta artinya
yang menunjukkan tentang iman kepada Allah Swt.
· Menyajikan paparan tentang makna al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
· Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan tentang al-Asmaul
husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
·
Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan orang
yang meneladani al-Asmaul husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir di lingkungan sekolah atau tempat
tinggal.
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ Isi diskusi
(iman kepada Allah Swt.)
§ Sikap yang
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan iman kepada Allah
Swt.
· Membuat paparan analisis makna al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
|
3.2. Memahami makna iman kepada
malaikat berdasarkan dalil naqli
4.2 .
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada
malaikat.
|
1. Iman kepada Malaikat Allah Swt.
1.1. Pengertian iman kepada Malaikat Allah Swt.
1.2. Nama-nama dan tugas Malaikat
2. Makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.
2.1. Makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.
2.2. Perilaku orang yang beriman kepada
malaikat Allah Swt.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah Swt.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada
malaikat Allah Swt.
· Membaca dalil naqli tentang iman kepada malaikat Allah
Swt. beserta artinya.
Menanya
· Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan tentang nama-nama malaikat Allah yang wajib diketahui beserta
tugasnya.
· Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada
malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
Eksperimen/explore
· Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada
malaikat Allah Swt.
· Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata
perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt.
· Mendiskusikan makna beriman kepada malaikat Allah Swt.
Asosiasi
· Menganalisis contoh-contoh nyata perilaku yang
mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
· Menganalisis makna beriman kepada malaikat Allah Swt.
Dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
· Menyajikan paparan contoh-contoh nyata perilaku yang
mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyajikan paparan makna beriman kepada malaikat Allah
Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
· Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap
perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah di lingkungan tempat
tinggal kalian.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada
malaikat Allah Swt.)
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan contoh perilaku yang
mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
· Membuat paparan makna beriman
kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
|
3.6
Memahami
makna tentang perilaku
amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27
dan hadis terkait.
3.7
Memahami
makna tentang perilaku
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:
13 dan hadis terkait.
4.3 Mencontohkan perilaku amanah
sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27
dan hadis terkait
4.5 Mencontohkan perilaku Istiqamah
sesuai kandungan Q.S. al- Ahqaf/46: 13 dan hadis terkait.
|
1. Jujur
1.1.Pengertian jujur
1.2.Contoh perilaku jujur
1.3.Hikmah atau manfaat jujur.
2. Amanah
2.1. Pengertian amanah
2.2. Contoh perilaku amanah
2.3. Hikmah atau manfaat amanah.
3. Istiqamah
3.1
Pengertian istiqamah
3.2 Contoh perilaku istiqamah
3.3 Hikmah atau manfaat Istiqamah
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan jujur, amanah, dan istiqamah.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah,
dan istiqamah.
Menanya
· Dengan dipandu guru mengajukan pertanyaan tentang
cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah.
· Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur,
amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.
· Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi
tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur, amanah, dan istiqamah.
Asosiasi
· Menganalisis perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menganalisis perilaku amanah dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menganalisis perilaku Istiqamah dalam kehidupan
sehari-hari.
Komunikasi
· Memaparkan hubungan antara jujur, amanah, dan istiqamah
dalam kehidupan sehari-hari.
· Mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah.
· Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah di lingkungan tempat tinggal
Observasi
· Mengamati pelaksanaan sosiodrama perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ kejelasan
materi (jujur, amanah, dan istiqamah).
§ penghayatan
§ kerjasama.
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (jujur,
amanah, dan istiqamah).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan diagram hubungan jujur, amanah, dan
istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.3. Memahami makna empati terhadap sesama
sesuai kandungan Q.S. an-Nisa/4: 8 dan hadi¡ terkait.
4.3 Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai
kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait.
|
1. Empati,
1.1. Pengertian
empati.
1.2. Pentingnya
empati.
1.3. Dalil naqli
tentang empati dan artinya.
1.4. Hikmah empati
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Hormat kepada
kedua orang tua
2.1. Pengertian hormat kepada kedua orang
tua.
2.2. Dalil naqli tentang hormat kepada
orang tua dan artinya.
2.3. Cara hormat kepada kedua orang tua.
3. Hormat
kepada guru
3.1. Pengertian hormat kepada guru.
3.2. Dalil naqli tentang hormat kepada guru dan
artinya.
3.3. Cara hormat kepada guru.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai empati,hormat
terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
· Dengan dipandu guru mengajukan pertanyaan tentang
cara menumbuhkan sikap empati,hormat terhadap orang tua dan guru.
· Mengajukan pertanyaan mengenai
manfaat sikap empati. empati,hormat terhadap orang tua dan guru .
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata sikap
empati di sekolah dan di masyarakat.
· Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi
tentang manfaat yang ditimbulkan oleh sikap empati,hormat terhadap orang tua
dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
Asosiasi
· Menganalisis dan menyimpulkan empati,hormat terhadap
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
· Menganalisis dan menyimpulkan hormat terhadap
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
· Mensosiodramakan perilaku empati,hormat kepada kedua
orang tua dan guru.
· Memaparkan pentingnya perilaku empati
dalam hidup bermasyarakat, dan bernegara.
· Memaparkan pentingnya hormat dengan orang tua dan guru
dalam kehidupan sehari-hari.
· Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap
perilaku empati, hormat kepada orang tua dan guru yang ada di lingkungan
tempat tinggal kalian.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan sosiodrama perilaku empati,
hormat kepada orang tua dan guru menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ kejelasan
materi (empati, hormat kepada orang tua dan guru).
§ penghayatan
§ kerjasama.
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(empati, hormat kepada orang tua dan guru)
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan pentingnya
perilaku empati dalam hidup bermasyarakat, dan bernegara, serta
perilaku hormat kepada orang tua dan guru.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Mushaf Al Qur’an
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.8 Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
1. Ketentuan bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar
1.1. Pengertian
¯ah±rah
1.2. Macam-macam hadas
1.3. Macam-macam najis
1.4. Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
1.5. Hikmah
¯ah±rah.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan kebersihan.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketentuan
bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar.
· Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari
hadas kecil
dan hadas besar.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari berita atau
informasi tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Merumuskan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan bersuci dari
hadas kecil
dan hadas besar.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari
hadas kecil
dan hadas besar
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap
perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan yang memperhatikan kesucian baik hadas maupun najis di lingkungan tempat
tinggalnya.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (bersuci dari
hadas kecil
dan hadas besar).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan alur tata cara bersuci dari
hadas kecil
dan hadas besar.
· Membuat paparan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan sehari-hari.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan
unjuk kerja tentang ¯ay±mum/wu«µ’
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.9 Memahami ketentuan shalat berjamaah
4.8 Mempraktikkan shalat berjamaah
|
1.
¢alat wajib berjamaah
1.1.
Pengertian shalat berjamaah
1.2.Dalil naqli
mengenai shalat
berjamaah
1.3.Ketentuan shalat berjamaah
1.4.Tata cara shalat berjamaah
1.5.Hikmah shalat berjamaah
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan shalat berjamaah.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata
cara shalat berjamaah.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat berjamaah.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan shalat berjamaah.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara
pelaksanaan shalat berjamaah.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari berita atau
informasi tentang ketentuan shalat berjamaah.
· Mendiskusikan tata cara shalat berjamaah.
· Mendiskusikan manfaat shalat berjamaah.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara shalat berjamaah.
· Membuat analisis tentang halangan shalat berjamaah.
· Merumuskan manfaat shalat berjamaah.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan praktik shalat berjamaah.
· Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat
berjamaah.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat berjamaah.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri
orang yang rajin melaksanakan shalat berjamaah di lingkungan tempat tinggal.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(shalat berjamaah).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan alur tata cara shalat berjamaah.
· Membuat paparan manfaat shalat berjamaah.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan
unjuk kerja tentang shalat berjamaah
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.10 Memahami ketentuan shalat Jumat
4.9 Mempraktikkan
shalat Jumat
|
1. ¢alat Jumat
1.1.Pengertian shalat Jumat
1.2. Dalil
naqli mengenai shalat Jumat
1.3.Ketentuan shalat Jumat
1.4.Tata cara shalat Jumat
1.5.Hikmah shalat Jumat
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan shalat Jumat.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata
cara shalat Jumat.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara
pelaksanaan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari berita atau
informasi tentang ketentuan shalat Jumat.
· Mendiskusikan tata cara shalat Jumat.
· Mendiskusikan manfaat shalat Jumat.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
· Membuat analisis tentang halangan shalat Jumat.
· Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan praktik shalat Jumat.
· Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat
Jumat.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat Jumat.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap orang
yang rajin melaksanakan shalat Jumat di lingkungan tempat tinggal.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(shalat Jumat).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan alur tata cara shalat Jumat.
· Membuat paparan manfaat shalat Jumat.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan
unjuk kerja tentang shalat Jumat.
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
|
3.11 Memahami ketentuan shalat jamak qasar
4.7 Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar
|
1.
¢alat jamak qasar
1.1.Pengertian shalat jamak qasar
1.2. Dalil
naqli mengenai shalat jamak qasar
1.3.Ketentuan shalat jamak qasar
1.4.Tata cara shalat jamak qasar
1.5.Hikmah shalat jamak qasar
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan shalat jamak qasar.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata
cara shalat jamak qasar.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat jamak qasar.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan shalat jamak qasar.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara
pelaksanaan shalat jamak qasar.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari berita atau
informasi tentang ketentuan shalat jamak qasar.
· Mendiskusikan tata cara shalat jamak qasar.
· Mendiskusikan manfaat shalat jamak qasar.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara shalat jamak qasar.
· Membuat analisis syarat shalat jamak qasar.
· Merumuskan manfaat shalat jamak qasar.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan praktik shalat jamak qasar.
· Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat jamak qasar.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat jamak qasar.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Tuliskan pengalaman kalian dalam melaksanakan shalat jamak qasar.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (shalat jamak qasar).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan alur tata cara shalat jamak qasar.
· Membuat paparan manfaat shalat jamak qasar.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan
unjuk kerja tentang shalat jamak qasar.
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
|
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode
Mekah
4.7
Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah
|
1. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad
Saw. periode Mekah
1.1. Kelahiran nabi Muhammad Saw.
1.2. Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul
1.3. Dakwah nabi Muhammad di Mekah
|
Mengamati
· Mengamati dan
memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi
Muhammad Saw. periode Mekah.
· Menyimak dan
membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan
bagaimana keadaan Mekah sebelum datangnya nabi Muhammad Saw.?
· Mengajukan pertanyaan terkait kronologi diangkatnya
nabi Muhammad Saw. Menjadi rasul atau pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan sejarah kelahiran Nabi Muhammad
Saw. berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan sejarah Nabi Muhammad Saw. diangkat
menjadi rasul
berdasarkan data dari berbagai
sumber.
· Mendiskusikan
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah.
Asosiasi
· Melakukan analisis kronologi sejarah kelahiran Nabi
Muhammad Saw. dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kronologi sejarah Nabi Muhammad Saw.
diangkat menjadi rasul dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
dalam bentuk membuat diagram alur..
Komunikasi
· Menyajikan paparan kronologi sejarah kelahiran
Nabi Muhammad Saw. dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kronologi sejarah diangkatnya
Nabi Muhammad Saw. sebagai rasul dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan analisis dakwah yang dilakukan
rasul di Mekah dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menanggapi pertanyaan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku
yang dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi kita dari sejarah Islam
Periode Mekah
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(sejarah perjuangan Islam periode Mekah)
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan kronologi sejarah
perkembangan Islam periode Mekah yang diwujudkan dalam bentuk membuat diagram
alur.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
2 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Peta Mekah
|
3.13 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad
SAW Periode Madinah dan Madinah.
4.13
Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
|
1. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad
Saw. periode Madinah
1.1. sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah.
1.2. peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah
1.3. Dakwah nabi Muhammad di Madinah
|
Mengamati
· Mengamati dan
memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi
Muhammad Saw. periode Madinah.
· Menyimak dan
membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
Menanya
· Dengan
dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan bagaimana sikap masyarakat
Madinah dalam menyambut datangnya Nabi Muhammad Saw.?
· Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah atau
pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan
sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah berdasarkan data
dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan
peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah.
berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah.
Asosiasi
· Melakukan
analisis kronologi sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah
dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan
analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat
diagram alur.
· Melakukan
analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram
alur.
Komunikasi
· Menyajikan
paparan kronologi sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad Saw.
hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan
paparan kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk
membuat diagram alur.
· Menyajikan
paparan analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat
diagram alur.
· Menanggapi
pertanyaan.
· Menyusun
kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan
hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat dijadikan hikmah dan
pelajaran bagi kita dari sejarah Islam Periode Madinah.
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(sejarah perjuangan Islam periode Madinah)
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
·
Membuat
paparan kronologi sejarah perkembangan Islam periode Madinah yang diwujudkan
dalam bentuk membuat diagram alur.
Tes
·
Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
1 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Peta Madinah
|
3.14 Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin
4.14 Mencontohkan
perilaku terpuji dari khulafaurrasyidin
|
1. Sikap terpuji
khulafaurrasyidin
1.1.Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
1.2.Khalifah Umar bin Khatab
1.3.Khalifat Usman bin Affan
1.4.Khalifah Ali bin Abi Thalib
|
Mengamati
· Mengamati dan
memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan sikap terpuji
khulafaurrasyidin.
· Menyimak dan
membaca penjelasan mengenai sikap terpuji khulafaurrasyidin.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan
bagaimana sikap yang dimiliki oleh khulafaurrasyidin?
· Mengajukan pertanyaan terkait kronologi kepemimpinan
khulafaurrasyidin atau pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq berdasarkan
data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan kepemimpinan Umar bin Khatab
berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan
kepemimpinan Usman bin Affan berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan
kepemimpinan Ali bin Abi Thalib berdasarkan data dari berbagai sumber
Asosiasi
· Melakukan analisis kepemimpinan Abu bakar
as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kepemimpinan Umar bin Khatab dalam
bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kepemimpinan Usman bin Affan dalam
bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kepemimpinan Ali bin Abi Thalib
dalam bentuk membuat diagram alur.
Komunikasi
· Menyajikan paparan kepemimpinan Abu Bakar
as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kepemimpinan Umar bin Khatab dalam
bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kepemimpinan Usman bin Affan dalam
bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kepemimpinan Ali bin Abi Thalib
dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menanggapi pertanyaan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku
yang dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi kita dari sikap terpuji
khulafaurrasyidin.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (
sikap terpuji khulafaurrasyidin)
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan sikap terpuji
khulafaurrasyidin yang diwujudkan dalam bentuk membuat diagram alur.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
1 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Internet
· Peta Timur Tengah
|
Semoga Bermanfa'at .'
Tidak ada komentar:
Posting Komentar