RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Arjawinangun
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema : Ketentuan
bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar
Subtema :
Praktik cara
membersihkan hadats kecil dan besar
Kelas : VII
Semester : Ganjil
K Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.8 Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Memahami ketentuan bersuci dari
hadas kecil;
2.
Mempraktikan tata cara bersuci dari
hadas kecil
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik diharapkan
mampu:
1.
Memahami ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar;
2.
Mempraktikan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar
Materi Pembelajaran
- Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
- Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
MetodePembelajaran
Metode pendekatan Sainstifik
1. Ceramah
2. Diskusi
3. TanyaJawab
Media Pembelajaran
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Sumber Belajar
1. Buku
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMP kelas 7 kurikulum 2013
2. Gambar/
video/ multimedia interaktif
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
10 menit
|
2.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau
tayangan yang terkait dengan kebersihan.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil
dan hadas
besar.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari berita atau
informasi tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil
dan hadas
besar.
· Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Mendiskusikan manfaat
bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Merumuskan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai
materi;
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Penilaian Hasil Pembelajaran
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan yang memperhatikan
kesucian baik hadas maupun najis di lingkungan tempat tinggalnya.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (bersuci dari hadas kecil
dan hadas
besar).
§ Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya
terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan alur tata
cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
· Membuat paparan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
dalam kehidupan sehari-hari.
Tes
· Tes kemampuan kognitif
dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan
unjuk kerja tentang Wudhu dan
Tayamum
Arjawinangun, 15 Juli 2013
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran PAI
|
|
|
S A Y I D I, S.Ag.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar